Kisah Pengusaha Sukses di 11 Bisnis Terkenal

 


Di balik bisnis yang sukses, ada pendiri bisnis yang sukses. Tentunya kita selalu ingin mengetahui awal mula berdirinya suatu bisnis dan kisah pengusaha yang sukses membangun bisnis mereka. 

Sayangnya, kita sudah terlalu sering mendengar hal-hal klise dibalik cerita sukses sebuah bisnis. Salah satu diantaranya, “kunci kesuksesan ada di kerja keras, tekad, dan pengelolaan rencana bisnis yang baik.”

Nah, di artikel ini Anda akan mengetahui kisah sebelas pengusaha sukses yang berhasil membangun dan mengembangkan ide bisnis mereka. Tidak hanya itu, Anda juga akan mengetahui kunci sukses dari berbagai niche bisnis.

1. Zoom, oleh Eric Yuan


Zoom adalah perusahaan teknologi komunikasi yang membuat alat komunikasi video.

Selama satu dekade terakhir, kualitas panggilan video dan panggilan konferensi di perangkat seluler semakin meningkat berkat Facetime dan WhatsApp.

Hal ini disebabkan karena semakin banyaknya orang yang menggunakan perangkat seluler untuk melakukan kegiatan di initernet. Saat ini, 51% traffic web berasal dari perangkat seluler. 

Seiring perkembangan teknologi, suatu saat nanti kita bisa bekerja hanya dengan menggunakan perangkat seluler. Namun saat ini, hampir sebagian besar masih membutuhkan komputer untuk bekerja. 

Sejak 2019, pendapatan Zoom meningkat sekitar 1000% karena peningkatan produk Zoom pada desktop dan perangkat seluler. 

Hingga saat ini, Zoom sering digunakan di seluruh dunia untuk melakukan panggilan video dengan rekan kerja, teman, dan keluarga.

Kunci sukses:

  • Jangan abaikan pasar yang ada.
  • Berinvestasilah dalam pengalaman pengguna (UX).

2. Arianna Huffington

Arianna Huffington adalah salah satu pendiri The Huffington Post, media yang membuat konten untuk generasi media sosial.

Sejak pertama kali dibuat, konten Huffington Post memang dirancang untuk dibagikan di media sosial. Hal inilah yang mendorong Huffington Post untuk membuat postingan yang pendek dan viral di saat bersamaan.

Upaya inilah yang mengubah sebuah bisnis kecil dengan beberapa jurnalis menjadi sukses dan sekarang memiliki hingga 100 jutaan pengunjung setiap bulan.

Sebagai CEO, Arianna Huffington menyadari bahwa konten menarik dalam format blog juga dapat digunakan untuk konten berita dan politik. 

Ariana Huffington sukses mengubah penyajian suatu konten berita dengan cara mengumpulkan konten populer dari sumber berita yang lebih mapan dan menyajikannya dalam format yang lebih viral.

Dengan menyertakan logo di setiap konten yang diterbitkan, The Huffington Post berhasil membangun kepercayaan pelanggan terhadap kontennya.

Kunci sukses:

  • Fokuslah pada kepercayaan pelanggan.
  • Brand yang mapan tidak selalu efektif.

3. Red Rabbit, oleh Rhys Powell

Salah satu kisah pengusaha sukses yang mengharukan datang dari Rhys Powell. Dia membangun Red Rabbit, yang telah memberi makan anak-anak sekolah di seluruh Amerika selama lebih dari 15 tahun.

Namun, nilai-nilai yang diyakini Rhys Powell membuat Red Rabbit berkembang dari penyedia layanan katering ke bidang pendidikan dan kegiatan amal.

Walaupun memiliki pendidikan di bidang ilmu komputer, Powell memutuskan untuk memulai bisnis yang menyediakan makanan sehat di sekolah yang ada di New York.

Powell mengetahui bahwa dalam rangka Program Makan Siang Sekolah Nasional, pemerintah Amerika Serikat akan menanggung $ 3 untuk setiap makanan yang disajikan,

Yang Powell lakukan adalah menunjukkan bahwa dia dapat menyediakan makanan sehat dengan harga kurang dari $ 3 per anak. Di balik itu, dia mengetahui bahwa dia akan akan meraih total keuntungan dalam jumlah besar.

Kunci sukses:

  • Terapkan nilai-nilai bisnis Anda sejak awal
  • Untuk bisnis kecil, teruslah mencari sumber pembiayaan baru untuk pengembangan bisnis

4. DC Mosquito Squad, oleh Damian Sánchez

Pengendalian hama bukanlah peluang bisnis yang terkenal, tetapi Damian Sánchez tahu bahwa orang-orang di Washington DC akan selalu membutuhkan jasa pengendalian hama.

Masalahnya, produktivitas bisnisnya terhambat karena ia tidak dapat melacak semua prospek pelanggannya di Washington DC.

Sánchez kemudian menggunakan perangkat lunak untuk mengotomatiskan opsi penjualan dan pemasaran, dan mengurus proses diantaranya. 

Bisnisnya mulai berkembang pesat setelah ia mulai menggunakan data untuk merekrut pekerja dan mendapatkan banyak pelanggan baru hanya dengan satu alamat email.

Kunci sukses:

  • Berinvestasilah dalam otomatisasi; mulai dari perangkat lunak otomasi.
  • Analisis titik lemah perusahaan untuk menemukan solusi yang tepat.

5. GooRoo, oleh Scott Lee

kisah pengusaha sukses

GooRoo meyakini nilai: “Setiap orang berhak mendapatkan pendidikan yang baik.”

Sebagai pemilik bisnis kecil, Scott Lee dihadapkan dengan suatu pertanyaan: Bagaimana caranya menyediakan layanan sebesar pendidikan?

Jawabannya: memanfaatkan pengalamannya mengajar. Hebatnya, Lee berhasil menghubungkan ribuan siswa Korea dengan mentor.

Lee menolak pendekatan pendidikan konvensional. Ia menyadari bahwa setiap siswa memiliki kebutuhan yang berbeda. Oleh karena itu, ia membuat platform bisnis kecil untuk menghubungkan siswa dengan tutor yang sesuai dengan kebutuhan siswa tersebut.

Saat ini, GooRoo memiliki lebih dari 1.000 tutor di New York; angka ini belum termasuk tutor di luar New York dan yang masih di dalam pelatihan.

Kunci sukses:

  • Gunakan pengalaman unik yang pernah Anda alami untuk mendatangkan keuntungan.
  • Bangun bisnis kecil Anda di atas nilai-nilai yang kokoh.

6. The Presentation Source oleh Laure dan James Widmaier

Laure & James Widmaier melihat peluang dalam layanan audiovisual.

Seorang pengusaha sukses memahami bahwa bisnis kecil dapat berkembang jika dapat berinovasi secara efektif.

Daripada fokus ke perusahaan lain, The Presentation Source secara langsung menargetkan organisasi atau badan pemerintah yang umumnya memiliki target dan anggaran besar.

Setelah 20 tahun mengintegrasikan teknologi mereka ke dalam organisasi pemerintah yang besar, The Presentation Source mulai mendapatkan tawaran dari berbagi investor luar.

Dalam sekejap, Laure dan James Widmaier berubah dari pengusaha dan pemilik usaha kecil menjadi miliarder.

Kunci sukses:

  • Teliti dan pahami niche Anda secara menyeluruh. Pasti selalu ada ruang bagi Anda untuk berinovasi.
  • Gunakan teknologi baru untuk menyelesaikan masalah lama yang pernah dialami.

7. The Body Shop


Kisah pengusaha sukses dari nol datang dari pendiri brand terkenal, The Body Shop.

Pada tahun 1976, tanpa pelatihan atau pengalaman bisnis, Anita Roddick menjual 15 produk di Body Shop pertama di Brighton, Inggris.

Sekarang, The Body Shop memiliki lebih dari 3000 toko di lebih dari 70 negara. 

Keberhasilan bisnis Roddick didasarkan pada pengalaman dan etika. Perjalanannya mempertemukannya dengan berbagai wanita dari seluruh dunia dan produk alami daur ulang yang mereka gunakan untuk membersihkan dan merawat tubuh mereka.

Hal inilah yang melahirkan The Body Shop. Di saat banyak orang yang menentang produk-produk perusahaan kosmetik besar, The Body Shop hadir menarik perhatian masyarakat. Sejak saat itu, The Body Shop semakin berkembang seperti yang kita kenal sekarang.

Kunci sukses:

  • Perhatikan tren.
  • Analisis kelemahan dan potensi yang bisa dikembangkan dari kompetitor.

8. Canva

kisah pengusaha sukses

Anda tentu ingin mengetahui kisah pengusaha sukses dibalik perangkat lunak desain grafis terkenal, Canva.

Bisnis yang didirikan Melanie Perkins dan Cliff Obrecht kini bernilai $ 6 miliar. 

Canva adalah alat desain grafis yang gratis dan jauh lebih mudah digunakan dibandingkan Adobe’s Creative Suite.

Sama seperti Slack, masalah yang dimiliki Canva adalah jutaan orang yang menyukai layanan mereka, tetapi di saat yang sama, enggan mengeluarkan biaya untuk menggunakan layanannya.

Kisah sukses bisnis online ini dimulai dari investasi UX, penggunaan tool profesional, dan harga langganan yang lebih murah dibandingkan harga jasa desainer grafis.

Di era media sosial, setiap bisnis kecil tentunya membutuhkan tampilan visual yang menarik. Dengan Canva, Anda dapat membuat desain sendiri hanya dalam beberapa menit.

Kunci sukses:

  • Berinvestasilah dalam pengalaman pengguna (UX).
  • Cobalah berbagai jenis bisnis alternatif.

9. Getty Images

kisah pengusaha sukses

Sebagian besar gambar yang Anda lihat online pasti memiliki tulisan kecil bertuliskan:

 ‘Getty Images. All rights reserved. Copyright 2021’

Salah satu kisah pengusaha sukses dari nol datang dari Mark Getty dan Jonathan Klein.

Pada 1990-an, belum ada platform yang membuat lisensi penggunaan stok foto di internet. Getty dan Jonathan melihat celah ini sebagai kesempatan bisnis, dan mulai membuat Getty Images.

Kunci sukses:

  • Temukan pasar yang terfragmentasi dan manfaatkan kesempatan untuk mengembangkannya.
  • Lakukan penelitian untuk mengetahui perkembangan teknologi baru yang dapat memengaruhi bisnis kecil.

10. SurfHappy

kisah pengusaha sukses

Selanjutnya kita akan membahas kisah sukses bisnis online shop asal San Diego, SurfHappy.

SurfHappy adalah perusahaan kecil yang dibangun oleh Erin Champ dan Josh Hallmark untuk menyebarkan hal-hal positif.

Kedua pengusaha sukses ini memahami keinginan dan kebutuhan dalam komunitas peselancar, dan memutuskan untuk membuat brand pakaian peselancar, SurfHappy.

Mereka pun segera membuat eCommerce dan mulai menjual produk mereka.

Hasilnya, produk pakaian SurfHappy langsung terjual habis dalam sekejap.

Sekarang, SurfHappy perlahan-lahan mulai mengembangkan bisnis mereka sambil tetap menyesuaikan kebutuhan komunitas peselancar.

Kunci sukses:

  • Tentukan target pasar untuk brand Anda
  • Berinvestasilah pada produk yang benar-benar Anda pahami

11. Lapsa

kisah pengusaha sukses

Kisah sukses bisnis online di bidang fashion datang dari Lapsa, sebuah brand fashion ramah lingkungan yang didirikan oleh desainer Lithuania, Agne Kairyte-Timinskiene.

Lapsa mulai terkenal karena produknya memiliki desain berkualitas tinggi dan tidak melalui pengujian kepada hewan. Dengan toko online dan branding yang kuat, Lapsa beralih dari hobi menjadi bisnis

Kairyte-Timinskiene menyebutkan bahwa kesuksesan Lapsa dapat diraih dengan menerapkan nilai yang ada di brand Lapsa, yaitu menyampaikan keunikan produk Lapsa secara terus menerus.

Kunci sukes:

  • Sebutkan keunikan produk dalam branding bisnis
  • Fokuslah menyenpurnakan satu aspek di niche bisnis Anda

Jadi, tunggu apalagi?

Sebelas pengusaha sukses di artikel ini telah menunjukkan bahwa kesuksesan yang besar dimulai dari hal kecil. Oleh karena itu, mulailah mengembangkan ide cemerlang yang Anda miliki sekarang.

Fokuslah pada pengalaman Anda, temukan hal unik dan menarik yang dapat Anda gunakan untuk masuk ke dalam satu niche bisnis, dan mulailah mengembangkannya dengan cara yang berbeda dari kompetitor lain.

Jika Anda belum mengetahui cara untuk memulai bisnis dengan biaya terbatas, cobalah untuk membaca panduan tentang memulai bisnis pertama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertumbuhan Perusahaan Menurut Para Ahli

Karakteristik Wirausahawan Sukses