10 Aplikasi Digital Marketing untuk Pemilik Website Toko Online

 


Kehadiran Internet tidak hanya dimanfaatkan masyarakat Indonesia sebagai media untuk mendapatkan informasi dan melakukan komunikasi, melainkan juga untuk aktivitas ekonomi, salah satunya seperti memiliki usaha e-commerce. Per tahun 2019, berdasarkan data Badan Pusat Statistik, telah ada lebih dari 17.000 usaha E-commerce yang tersebar pada seluruh provinsi di Indonesia. Mayoritas usaha online bergerak di bidang perawatan mobil, motor, fashion, makanan, minuman, dan kosmetik.

Sama seperti berjualan di toko offline pada umumnya, pemilik toko online juga wajib melakukan kegiatan marketing atau aktif melakukan kegiatan pemasaran, yang dikenal dengan istilah Digital Marketing. Dengan strategi digital marketing yang sesuai, toko online Anda akan memperoleh pengunjung yang nanti nya berpotensi menjadi customer Anda.

Digital Marketing ini bisa Anda lakukan sendiri atau juga dengan bantuan tim yang sudah professional. Ada pun beberapa pilihan aplikasi digital Marketing yang dapat mendukung Anda dalam mengelola sebagai pemilik website toko online. Sepenting apakah rekomendasi aplikasi-aplikasi tersebut ? Mari Anda simak penjelasannya dalam artikel di bawah ini.

10 Rekomendasi Aplikasi Digital Marketing untuk Pemilik Toko Online

1. Canva

Anda bisa menggunakan aplikasi Canva untuk memenuhi kebutuhan materi desain website toko online. Membuat material kreatif seperti poster promosi, brosur, dan lainnya akan terasa semakin mudah.

2. Hootsuite

Biasanya Anda akan mengintegrasikan website Anda dengan social media bisnis terkait, karena dengan begitu level enggament bisa bertambah. Nah! Aplikasi Hootsuite ini akan membantu Anda untuk mengelola dalam satu halaman dashboard berbagai media social.

3. SociaBuzz

Platform aplikasi ini mendukung pemasaran Anda dengan menyediakan talent & jasa yang dapat Anda ajak kerja sama untuk mempromosikan toko online Anda. SociaBuzz ini menyediakan layanan seperti, influencer, fotografer, model, MUA, desainer, MC, dan sebagainya. Pilih saja sesuai kebutuhan & budget Anda.  

4. Trello

Ketika Anda bekerja sendiri atau pun bersama tim, tetap catat to-do-lists  dengan jelas supaya tidak ada yang terlewatkan. Anda bisa kelola dengan mudah memanfaatkan fitur yang disediakan aplikasi Trello sebagai software manajemen proyek yang paling popular. Namun, sejujurnya Tim Marketing Online Indonesia lebih menyukai Monday.com dan Asana.

5. SEMrush

Gunakan aplikasi ini pada saat Anda sedang akan menyusun strategi digital marketing. Dengan data-data yang akan bisa Anda dapatkan di sini, bisa membantu menyusun perencanaan yang sesuai. Pelajari hasil performasi website Anda sendiri atau pun milik kompetitor.

6. Mailchimp

Selain fokus dengan website dan media social, ada juga platform email yang bisa Anda maksimalkan untuk terhubung dengan pelanggan. Aplikasi otomatisasi ini akan membantu Anda dalam melakukan strategi email marketing. Setelah email tersebar, Anda pun bisa melihat laporan hasil performanya.

7. Google Ads

Manfaatkan peluang menjangkau pelanggan yang lebih luas dengan menggunakan fasilitas aplikasi Google Ads ini. Singkatnya, aplikasi ini mendukung Anda ketika hendak memasang iklan. Anda bisa menyiapkan dahulu konten yang ingin Anda sebarluaskan, baik dalam bentuk teks, gambar, mau pun video.

8. Unsplash

Aplikasi ini menyuguhkan Anda banyak pilihan koleksi foto dengan resolusi tinggi dan diperbolehkan diunduh secara gratis. Stok foto-foto di sana bisa dimanfaatkan untuk mendukung konten visual projek Anda.

9. Ubersuggest

Salah satu pakar digital marketing terkemuka di dunia, Neil Patel, menciptakan tools Ubersuggest ini dan memberikan pelayanannya secara gratis. Fitur-fiturnya terdiri dari rangkuman hasil performa domain website Anda, laporan tingkat efektivitas laman SEO, rekomendasi kata kunci atau keywords, data backlink, dan ide koten untuk Anda sajikan. Dengan memperhatikan itu semua, Anda bisa meningkatkan nilai konversi website toko online Anda.

10. Google Analytics

Setelah berhasil menyusun strategi yang tepat sasaran, aplikasi ini hadir juga untuk membantu Anda mengukur keberhasilan strategi Anda. Mulai dari tingkat traffic website atau jumlah pengunjung, efektivitas kata kunci Anda, jangkauan pasar, dan lainnya.  Selain Google Analytics, Anda juga harus memeriksa beberapa tools gratis yang diberikan Google untuk para entrepreneur mengembangkan website toko online mereka.

Aplikasi digital marketing mana saja yang akan Anda manfaatkan? Semoga pembahasan di atas dapat membantu Anda menemukan aplikasi yang tepat dalam mendukung bisnis. Semangat dan sukses selalu!





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertumbuhan Perusahaan Menurut Para Ahli

Karakteristik Wirausahawan Sukses