Mempelajari Apa Itu Digital Marketing

 Kamu masih bingung soal Digital Marketing? Atau kamu sudah membaca sana sini tetapi belum paham juga? nihh vania kasih tau pengertian dari digital marketing yang mudah untuk dipahami

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah upaya yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau bisnis untuk memasarkan produk mereka melalui internet dan berbagai bentuk media komunikasi digital lainnya. Media komunikasi digital yang dicakup dalam digital marketing meliputi email, website, media sosial, iklan berbasis internet, video, gambar, dan bentuk konten digital lainnya.

Dengan kata lain, pengertian digital marketing dapat juga disimpulkan sebagai bentuk marketing yang melibatkan media komunikasi digital.

Mengapa Digital Marketing itu Penting?



Dalam dunia bisnis, semakin banyak orang yang mengetahui tentang usahamu, maka semakin cepat pula bisnismu memperoleh transaksi. Digital marketing memiliki peranan penting dalam menjangkau pasar yang lebih luas melalui metode yang lebih praktis dibandingkan metode pemasaran tradisional.

  • Dapat memudahkan komunikasi terhadap konsumen.
  • Mampu mengetahui macam perilaku konsumen.
  • Memperluas pangsa pasar.
  • Menekan biaya marketing konvensional.
  • Semakin Kompetitif di Era Digital

Manfaat Digital Marketing bagi Bisnis

Sebelum era media sosial dan gadget, sebuah bisnis baru akan memfokuskan sebagian besar usahanya untuk menarik beberapa pelanggan pertama agar produk mereka terjual.

Namun di era serba digital ini, Dari hasil riset membuktikan bahwa 75% orang memakai situs online seperti e-commerce untuk berbelanja kebutuhan sekunder maupun kebutuhan primer.

Apabila kedua statistik tersebut masih kurang meyakinkan kamu untuk memulai digital marketing, berikut adalah beberapa alasan mengapa digital marketing sangat penting bagi sebuah bisnis. 

1. Hemat Biaya Marketing / Promosi  

Hal ini merupakan salah satu faktor utama yang menarik para pebisnis untuk menggunakan digital marketing sebagai sarana promosi produknya. Anda tidak perlu menghabiskan dana untuk membuat brosur, spanduk, baliho, atau iklan di media cetak maupun televisi.

 

Anda cukup menggunakan media digital untuk mempromosikan produk Anda, seperti Facebook, Twitter, TikTok, dan Instagram. Membuat akun di berbagai platform jauh lebih mudah dan praktis, serta tak membutuhkan banyak biaya. Malah sebagian besar media sosial bisa digunakan dengan gratis.

 

2.Jangkauan Pasar yang Lebih Luas dan Tepat Sasaran

Dengan menggunakan digital marketing, Anda dapat menjangkau target pasar yang lebih luas karena tak terbatas letak geografis. Selain itu, Anda juga bisa menentukan sasaran customer seperti apa yang hendak Anda bidik sebagai target promosi, baik dari profesi, usia, lokasi, hobi, dan sebagainya.

 

Agar target promosi bisa tercapai, Anda perlu membuat konten promosi yang menarik dan disesuaikan dengan kebutuhan calon pelanggan yang Anda bidik. Sebab, setiap customer itu unik. Mereka pasti memiliki rasa ketertarikan terhadap sesuatu yang berbeda antara satu dengan lainnya. 

 

3.Dapat Meningkatkan Penjualan

Selain hemat biaya promosi dan menjangkau pasar yang lebih luas, penerapan digital marketing juga bisa meningkatkan penjualan. Ada berbagai trik yang harus diterapkan memang dalam hal ini. Anda bisa mempelajari lebih dalam berbagai trik digital marketing dengan mengikuti workshop, seminar, training, dari membaca buku, dan sebagainya.


4.Menjaga Komunikasi Antara Penjual dan Pelanggan

Membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan merupakan faktor penting dalam dunia bisnis. Dengan menggunakan digital marketing, Anda dapat menyediakan layanan pelanggan online selama 24 jam penuh dan 7 hari dalam seminggu. Artinya, Anda membuka kesempatan bagi para pelanggan untuk bisa mengenal, berkomunikasi, berinteraksi, bahkan membangun hubungan yang solid demi terciptanya pelanggan-pelanggan yang loyal akan produk dan jasa yang Anda tawarkan.

5.Analisis Digital secara Cepat dan Tepat


Penerapan digital marketing secara tepat akan sangat membantu Anda mendapatkan data akurat terkait pelanggan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan mereka. Anda bisa sekaligus menganalisis kebutuhan para pelanggan Anda, kebiasaan mereka dalam berbelanja, produk-produk yang mereka sukai, dan sebagainya. Dari data yang Anda dapatkan tersebut, Anda bisa melakukan analisis yang lebih cepat dan tepat untuk melakukan perbaikan terhadap perusahaan anda, agar dapat berkembang dan sukses.


Selain yang telah dijabarkan dalam artikel ini, masih ada banyak lagi manfaat penerapan digital marketing untuk perkembangan bisnis Anda. Selamat mengeksplorasi dunia digital yang dinamis dan jangan lupa terus berinovasi dalam penggunaan teknologi terkini.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertumbuhan Perusahaan Menurut Para Ahli

Karakteristik Wirausahawan Sukses